Fakta Menarik Seputar Ezra Walian

Nama Ezra Walian diperbincangkan karena menjadi salah satu sasaran naturalisasi pemain di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan sudah mengusahakan proses naturalisasi itu ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Berikut ini beberapa fakta mengenai Ezra Walian.

Ia mengusahakan proses naturalisasi Ezra Walian setelah itu proses berlanjut ke Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Saat ini proses naturalisasinya telah usai sehingga tinggal menunggu waktu dia akan resmi menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia dalam bertanding.

1. Dibawah 20 tahun

Ezra Harm Ruud Walian atau yang lebih dikenal dengan nama Ezra Walian ternyata masih berusia sangat muda. Bahkan dia belum genap berusia 20 tahun. Usia Ezra baru menginjak 19 tahun pada 22 Oktober 2016 lalu.

2. Keturunan Indo-Belanda

Ezra lahir dari pasangan Glenn Walian dan Linda Bos . Glenn diketahui berasal dari Manado, sedangkan Linda merupakan warga asli Belanda.

3. Lahir di Belanda

Ezra lahir di Amsterdam, Belanda pada 22 Oktober 1997. Pesepakbola berdarah Manado ini juga tumbuh di Negeri Kincir Angin tersebut.

4. Main bola sejak kecil

Ezra memulai karir juniornya sejak usia 8 tahun dengan bergabung di klub HFC Haarlem. Dari HFC Haarlem, dia pindah ke klub AZ Alkmaar hingga akhirnya bermain di Ajax Amsterdam pada 2012 hingga sekarang.

5. Tim junior Ajax

Nama Ezra Walian mulai mencuat saat baru bergabung dengan tim junior Ajax dan langsung bermain di turnamen Lion City Cup Singapore 2012. Ia membawa Ajax B2 (U-16) menjadi juara sekaligus menyabet gelar top skor. Turnamen sepakbola junior ini cukup bergengsi karena juga diikuti beberapa tim besar Eropa seperti Manchester City dan FC Porto.

8. Kegiatan sosial

Ezra ternyata memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan sering melakukan kegiatan sosial yang berhubungan dengan dunia sepak bola. Ia pernah menggelar Coaching Clinic di Bandung, Bogor dan Manado serta mengunjungi Panti Asuhan ‘Mama Sayang’ di Jonggol dan Rumah Sakit Khusus Ginjal ‘Ny.R.A.Habibie’ di Bandung.