Klub Bola yang Pernah Mengalami Kebangkrutan

Hasil gambar untuk bangkrut

Aston Villa

Klub dari daratan Inggris Raya ini tentunya tidak asing bagi kamu. Tapi dari kamu semua pasti tidak akan menyangka bahwa klub yang bukan merupakan the big 4 Premier League dimasa sekarang ini pernah memenangi Liga Champion sebanyak sekali pada musim kompetisi 1981-1982 dengan mengalahkan klub raksasa Jerman Bayern Muenchen dengan skor tipis 1-0 di Stadion De Kuip, Rotterdam.

Namun menilik dari sejarah, klub yang bermarkas di kota Birmingham ini merupakan salah satu klub sepak bola tertua dan paling sukses di Inggris, setelah 7 kali menjuarai Divisi Utama Liga Inggris (kini bernama Premier League) dan tujuh kali Piala FA. Bersama Chelsea, Aston Villa memiliki jumlah penghargaan terbanyak keempat yang dimenangkan oleh klub Inggris, yaitu sebanyak 20 gelar. Villa hanya kalah jumlah raihan gelar dari Liverpool (41 gelar), Manchester United (38 gelar), dan Arsenal (27 gelar).

Olympique

Club yang bermarkas di Marseille, Prancis ini pernah satu kali menjuarai Liga Champion pada musim 1992-1993 dengan mengalahkan AC Milan 1-0 di Olympiastadion, Munich yang saat itu disaksikan oleh 64,400 dan pernah 1 kali menjadi runner-up pada musim 1990-1991 setelah dikalah oleh Red Star Belgrade. Pada tahun 1993, Olympique de Marseille merupakan klub yang pertama dan satu-satunya klub Prancis yang memenangi Liga Champion. Namun di tahun 1994, klub ini terdegradasi dikarenakan skandal penyogokan sehingga menyebabkan kehilangan tropi domestiknya namun tidak kehilangan gelar Juara Champion Eropa.

Nottingham Forest

Tentunya masih banyak yang belum tahu klub ini bukan? Nottingham Forest merupakan klub Sepak Bola Inggris yang berbasis di West Bridgeford , Nottingham yang saat ini bermain di Football League Championship (kasta kedua di Liga Inggris). Forest berdiri pada tahun 1865, dan sudah menempati City Ground yang ditempatinya hingga saat ini sejak 1898.Klub ini pernah 2 kali memenangi Liga Champion secara berturut-turut pada tahun 1979, 1980 dengan mengalahkan Malmo FF (1979) dan Hamburg SV (1980)

Forest adalah anggota pendiri Aliansi Football pada tahun 1889 dan bergabung dengan Football League pada tahun 1892. Forest pernah memenangkan Piala FA pada 1898 dan 1959. Namun, masa keemasan mereka berada di bawah pengelolaan Brian Clough, antara tahun 1975 dan 1993. Selama kurun waktu tersebut, mereka memenangkan 1 gelar liga , 2 kali berturut-turut Liga Champions Eropa dan 4 Piala Liga.

Namun, sejak masa keemasannya lewat, prestasi Forest mulai redup. Keikutsertaan mereka di Premier League berakhir pada tahun 1999. Forest adalah satu-satunya klub yang pernah menjadi juara Champions Eropa yang saat ini tidak sedang bermain di kasta teratas liga domestik.